SEO update

Beberapa waktu lalu Google merilis fitur baru, yaitu “artikel mendalam”. Idenya adalah untuk membawa konten berkualitas ke permukaan. Menurut penelitian, 10% dari kebutuhan pencarian sehari-hari masyarakat adalah untuk mendapatkan konten yang lebih mendalam. Jadi fitur baru ini dimaksudkan untuk membantu menggali lebih banyak konten yang mendalam.
Tetapi kenyataannya lebih dari itu. Google sering mengatakan bahwa search engine yang sempurna akan memberi Anda dengan tepat apa yang perlu Anda ketahui pada saat yang tepat, tanpa Anda harus memintanya”, kata Jon Wiley. Jelas, Google sedang mencoba untuk membuat hasil pencarian mereka lebih kontekstual, meskipun masih terus dikembangkan dan  apakah “artikel mendalam” benar-benar memenuhi kebutuhan yang sudah mulai tampak hasilnya.
Untuk membatasi ruang lingkup kita, saya mencoba menggali dan meneliti apa yang dapat kita pelajari tentang hasil fitur baru search engine ini  dan  apa artinya bagi strategi konten Anda.
Apa yang sebenarnya terlihat  dari hasil “artikel mendalam” ini?
Apa yang jelas terlihat adalah bahwa pada saat ini, hasil “artikel mendalam” baru terlihat pengaruhnya pada “merek-merek ternama”. Artinya, penerbit terkenal yang sedang disukai, meskipun Google menjanjikan bahwa “Anda juga akan menemukan beberapa artikel bagus dari publikasi dan blog yang kurang dikenal”. Jadi tunggu saja tanggal mainnya. Jelas ukuran utama mereka “kualitas tinggi” saat sekarang (sejauh jenis hasil yang bersangkutan) masih berdasarkan pada reputasi, maka nama-nama merek ternamalah yang akan muncul.
Apa artinya semua ini bagi Anda? Kualitas konten baik yang telah melalui proses penelitian yang benar, menyeluruh dan  orisinil adalah yang harus Anda miliki. Idenya adalah agar konten Anda untuk menjadi konten yang non-komersial, yang artinya sebuah konten yang tidak hanya terfokus pada bagaimana menjual bisnis, produk  atau jasa Anda. Agar konten Anda bisa muncul dalam hasil ini, konten Anda harus tercatat memiliki sekitar 2000-5000 kata, meski tidak semuanya, tapi sekitar 10% dari konten Anda harus bersifat bijaksana dan ditulis dengan baik sehingga tetap relevan selama kurun waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun yang akan datang.
arti-update-algoritma-artikel-mendalam-untuk-strategi-konten
Hasil ini, misalnya, menyediakan konten yang berkualitas tinggi untuk membantu Anda mempelajari tentang subjek atau menjelajahi subjek. Hasil ini juga merupakan sumber informasi gratis, konten bebas yang sengaja tidak dijaga keamanannya dalam bentuk atau cara apapun.
Apa lagi dari hasil ini yang memiliki kesamaan?
  1. Peringkat : Konten yang sebelumnya tidak memiliki peringkat, sekarang berada di peringkat pada halaman satu. Menariknya, ketiga hasil “artikel mendalam” dihitung sebagai bagian dari 10 hasil pada halaman pertama, meskipun mereka hanya muncul di bagian sebelah bawah halaman pertama dari hasil. Misalnya, jika Anda melakukan pencarian untuk Pinterest Anda akan melihat 10 hasil di halaman pertama, termasuk artikel mendalam.
  2. Markup : Salah satu cara agar Google lebih memilih untuk mendapatkan konten Anda didasarkan pada apa yang di disebutkan di dalam kode /meta data Anda atau yang biasa disebut markup language (yang selanjutnya akan saya sebut sebagai markup). Ada markup dasar seperti headline, headline alternatif, gambar, deskripsi, tanggal tayang, tubuh artikel, penghalaman, pemberian tag canonical, logo dan nama penulis. yang semuanya direkomendasikan oleh Google untuk membantu konten Anda agar muncul pada daftar artikel-artikel yang mendalam. Namun demikian, coba Anda perhatikan bagaimana dan mengapa artikel New York Times tidak mencantumkan nama seorang penulis. Dengan cara ini, tampak bahwa Anda tidak benar-benar harus memiliki semua elemen ini. Hal Ini juga menunjukkan bahwa bisnis atau merek Anda harus memiliki akun Google+, namun  kepemilikan akun Google+ bukan menjadi bahasan kita di sini.
arti-update-algoritma-artikel-mendalam-untuk-strategi-konten
Jadi, apa yang benar-benar harus saya memiliki ?
  1. Konten yang relevan : Satu hal bahwa semua hasil ini memiliki kesamaan adalah relevansi dari topik atau keyword. Tapi itu tidak begitu mudah dilakukan ketika Anda mengeluhkan kerapatan keyword yang terlalu dibuat-buat atau sama sekali tidak terlihat alami. Sebaliknya, Anda ingin menulis untuk memastikan Anda mencakup setiap torehan dan celah dari sebuah cerita tau topik.
  2. Images/gambar : Setiap artikel memiliki satu (setidaknya) gambar utama yang japat dijelajah (crawlable) dan diindeks. Maksudnya adalah potongan gambar yang muncul di samping artikel di hasil pencarian.
  3. Sudut pandang yang berbeda pada sesuatu hal : Selain menjadi sangat teliti, semua artikel ini mengambil sudut pandang yang berbeda pada hal-hal yang sedang dibahas. Sekali lagi, Google sudah bisa merasakan permukaan konten yang orisinil, mungkin sudah dilakukan dengan baik dan menambah kedalaman pencarian.
Hasil apa yang dapat saya harapkan dari ini?
Singkatnya, investasi dalam konten secara menyeluruh sudah terpenuhi. Sebagai contoh, kita telah sama-sama saksikan adanya peningkatan besar dalam sebuah paparan yang sebelumnya bahkan tidak memiliki peringkat sebelum Google merilis fitur ini dan imbasnya kita bisa mendapatkan beberapa bisnis baru dari sana.
arti-update-algoritma-artikel-mendalam-untuk-strategi-konten
Namun, ini masih di awal permainan, belum semuanya. Tetapi jika tidak ada kendala yang berarti Anda dapat mengharapkan sejumlah besar eksposur merek milik Anda dari hasil kerja Anda untuk mendapatkan beberapa artikel berperingkat di bagian yang baru dari hasil pencarian Google ini.
Adakah Anda memperhatikan ledakan besar dalam traffic di bagian tertentu? Apakah mungkin Anda melihat bahwa ada konten Anda yang memiliki  peringkat sebagai “artikel mendalam”?

Comments

Popular posts from this blog

Trending Topic 2017

Sejarah google

SEO Tips update (Febuari)